KarierKeduaAlfamart.com

Para Fasilitator Program Karier Kedua

Arman

Joshua

Mamad

Richard

Sulaiman

Tessie

Tessie Setiabudi

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun sebagai fasilitator program soft skills, Tessie sangat passionate memfasilitasi program persiapan pensiun normal (prapurnabakti) dan pensiun dini (Voluntary Resignation Program atau PHK) secara praktis, unik, mudah diterapkan dan memiliki dampak nyata pada ribuan peserta programnya.

Tessie menyelesaikan BA dan MA dari bidang Psikologi di US dan MBA dari bidang Training and Development di UK. Tessie tinggal di US, UK, Australia dan Singapura lebih dari 30 tahun. Bersama timnya, dia meraih CFP (Certified Financial Planning).

Bersama Joshua, dia menulis buku "Pensiun GAUL" (PensiunGaul.com) terbitan Gramedia Pustaka Utama dan buku best seller "Cerdas Mengajar" (CerdasMengajar.com) terbitan Gramedia Widiasarana Indonesia. Tessie menulis 101 jurus ampuh untuk para istri dan calon istri di buku "Menjadi Istri Inspiratif" (MenjadiIstriInspiratif.com) Dengan timnya, dia menulis buku national best seller "Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda" (KarierKedua.com). Dia memberikan seluruh royalti buku-bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Tessie telah mengadakan pelatihan untuk lebih dari 20.000 orang dari berbagai jajaran di berbagai perusahaan maupun organisasi di Asia. Beberapa dari in-house kliennya di Asia antara lain: Brunei Management Service Department, Johor Port, Petronas Carigali, PNE, EM Services, Motorola, Seagate Technology International, Union Carbide Asia Pacific, Inc., Baxter, Sharp Roxy, Univac Precision Engineering Pte Ltd, IKEA, DuPont, Pacific International Lines, ECS, Singapore Post Pte Ltd, Land Transport Authority, Housing Development Board, Central Prudential Fund, Singapore Power Ltd, Medco Energi, Caltex, Kondur Petroleum, Shell Petroleum, ConocoPhillips, Star Energy, VICO, HESS, Chevron, WGI/Wiraswasta Gemilang Indonesia (Pennzoil), Petronas Carigali Indonesia, Kangean Energy Indonesia, M3Nergy, SKKMigas, British Petroleum, Pertamina, Kaltim Prima Coal, Alfamart, Meiji, MERCK, British American Tobacco (BAT), HM Sampoerna, Kompas Gramedia, Aggreko Energy Services Indonesia, Sekretariat Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI), Intiland Development, Jakarta Garden City, Bangun Tjipta Sarana, DHL Danzas, Sumitomo Indonesia, PT Rhom & Haas Indonesia, Chandra Asri, PTPN III, Semen Gresik, Pupuk Kujang, Bank BTN, Waskita Karya, Telkom, FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) DKI Jakarta, Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Depperindag), Provinsi Kalimantan Timur, MABES POLRI, berbagai POLDA dan organisasi pemerintah lainnya.

Tessie percaya setiap individu perlu dikembangkan sepenuhnya dan berkontribusi pada hidup orang lain. Bersama Joshua, dia aktif melakukan pekerjaan sosial baik di Indonesia dan Singapura. Lebih dari 3.000 orang tua dan guru menghadiri seminar Cerdas Mengajar di berbagai kota di Indonesia.

Faktor pendorong untuk menulis dan memfasilitasi program persiapan pensiun pada beberapa tahun ini adalah keyakinannya bahwa bab terakhir dalam hidup seseorang adalah bab terpenting. Tessie menghadapkan peserta programnya pada 2 pilihan: menjadi beban atau berkah bagi keluarga dan masyarakat.

Joshua Maruta

Josh adalah seorang fasilitator, trader, penulis dan pemimpin dari Training For Excellence Pte Ltd. Dia menyelesaikan pendidikan Insinyur dalam Teknik Elektro di UGM, dan M.Sc. dalam Teknik Elektro di USA. Di usia 70 tahun, dia mengelesaikan Certified Financial Planner.

Josh bekerja pada PT Caltex Pacific Indonesia dari tahun 1973-2001. Tugasnya yang terakhir adalah sebagai Vice President Support Operations dan kemudian Vice President Minas Operations. Bersama Tessie, dia menulis buku Pensiun GAUL terbitan Gramedia Pustaka Utama dan buku Best Seller Cerdas Mengajar terbitan Gramedia Widiasarana Indonesia. Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo. Dia memberikan seluruh royalti buku-bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Beberapa dari kliennya di Singapura: IKEA, EM Services, ECS, DuPont, Sharp Roxy, Land Transport Authority, Univac Precision Engineering Pte Ltd, Singapore Power Ltd dan Baxter; di Brunei: Management Service Department; di Malaysia: Johor Port; di Indonesia: Medco Energi, Caltex, ConocoPhillips, Star Energy, VICO, HESS, WGI/Wiraswasta Gemilang Indonesia (Pennzoil), Kangean Energy Indonesia, Petronas Carigali, M3Nergy, SKKMigas, British Petroleum, Pertamina, Chevron, Kaltim Prima Coal, Chandra Asri, Sumitomo Indonesia, Intiland Development, Sekretariat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Bangun Tjipta Sarana, Jakarta Garden City, DHL Danzas, Chandra Asri, British American Tobacco (BAT), Kompas Gramedia, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DKI Jakarta, Aggreko Energy Services Indonesia, Alfamart, Meiji, Merck, PTPN III, Pupuk Kujang, Bank BTN, Waskita Karya, Telkom, Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Depperindag), Mabes POLRI dan POLDA di berbagai daerah.

Josh percaya para calon pensiun perlu mengetahui kendaraan investasi yang sesuai untuk mereka.

Richard Panggabean

Richard berkarier di PT. Caltex Pacific Indonesia (CPI), Sumatera, selama 23 tahun. Dia mengambil pensiun dini pada tahun 2004. Training dan Sertifikasi sebagai Qualifier diselesaikannya di Chevron Training Center, Lafayette, Louisiana-USA pada tahun 1998. Di usia yang hampir 60 tahun, dia meraih Certified Financial Planning.

Selama di CPI, berbagai jabatan telah diembannya baik di bagian Produksi, Maintenance dan Gugus Kendali Mutu. Jabatan terakhir adalah Team Leader Internal Certification untuk mensertifikasi sekitar 1.500 karyawan bagian Produksi dan Maintenance.

Setelah pension dini, Richard aktif sebagai fasilitator. Beberapa kliennya antara lain Chevron, ConocoPhillips, HESS, Premier Oil, Petronas Carigali Indonesia, Kangean Energy Indonesia, Pertamina, Kaltim Prima Coal, Tripatra, Schlumberger Indonesia, Merck, Alfamart, DHL Danzas, PT. Tatamulia Nusantara Indah, Sumitomo, Intiland Development, British American Tobacco, Kompas Gramedia Group, UNCHEM Chemical Industries, Bank BTN, Resort&Villas The Patra Bali, Jasa Tirta I, PTPN III, Mabes POLRI, Universitas Pelita Harapan-Tangerang, SMA Markus-Tangerang, Sekolah Budya Wacana dan berbagai organisasi sosial non-profit di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo. Dia memberikan seluruh royalti buku-bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Richard sukses memiliki beberapa bisnis dan dia aktif memberikan inspirasi pada calon pensiunan untuk membuat terobosan-terobosan baru di wirausaha. Dia aktif membantu calon pensiunan menemukan passionnya. Komitmen dan integritas yang dimilikinya menjadi kendali yang kuat untuk terus mengembangkan diri sendiri guna menjadi motivator yang handal bagi bangsa Indonesia.

Sulaiman Budiman

Sulaiman seorang trader saham, penulis dan motivator yang handal.Jabatannya terakhir adalah sebagai Regional Manager Senior di Toko Buku Gramedia Matraman yang membawahi ratusan orang karyawan.Dibawah pimpinannya, toko bukunya menjadi salah satu terbesar di Asia Tenggara.Dia lulusan Middle Management Development Program dari Prasetya Mulia Business School.Di usia yang hampir 60 tahun, dia mengambil Certified Financial Planner.

Pada saat bekerja, Sulaiman aktif sebagai trainer internal Kompas Gramedia dan telah memberikan training kepada ribuan orang karyawan yang tersebar di berbagai cabang dan unit yang ada di berbagai provinsi di Indonesia untuk topik-topik yang berkaitan dengan MOTIVASI, SUPERVISORY,LEADERSHIP dan PUBLIC SPEAKING.

Beberapa kliennya: Chevron, Pertamina, Premier Oil, ConocoPhillips, HM Sampoerna, Perusahaan Gas Negara, Bank BTN, Bank Mandiri, Panin Bank, Bank Permata, Bank BRI, Alfamart, MERCK, PT. Tatamulia Nusantara Indah, Frank & Co Jewellery, Naughty, Frisian Flag, Harian Kontan, Warta Kota, Kompas TV, TRISAKTI, Universitas Tarumanegara, Universitas Indonesia, APINDO, Indah Kiat, Sriwijaya Air, Datascrip, PTPN III, POLDA di berbagai daerah.

Di tengah-tengah kesibukannya, Sulaiman aktif menulis buku-buku tentang motivasi dan pengembangan diri yang berjudul Golden Wisdom,Ubah Slogan Jadi Tindakan, Berani Menertawakan Diri Sendiri, dan Berani Teriak Berani Bertindak.Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo. Dia memberikan seluruh royalti bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Semangat untuk belajarnya tinggi untuk memberikan nikai tambah pada orang lain. Sulaiman percaya tidak ada orang yang terlalu tua untuk belajar apapun.

Arman Rachman

Dengan latar belakang sarjana psikologi, Arman merintis kariernya sebagai Marketing Manager di Bimantara Artika Citra Medical Instrument pada tahun 1990, dan kemudian dia menjadi Executive Director dari Anshorullah Consorsium. Sekarang ini dia menjadi Executive Director dan salah satu pendiri dari SmartHeart Studies.

Arman adalah narasumber Spiritual Motivation Achievement "Cerdas Qolbu", yang menggali dan memperkenalkan kecerdasan yang keempat (Qolbu Quotient), setelah Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ). Dia adalah Master Instructor dari Lembaga SMASH Learning Center dan Smartheart Studies. Beberapa kliennya: SKKMigas, Pertamina, Chevron, Medco, Job Tomori Bidakarya, Odira Energi Perkasa, Perusahaan Gas Negara, PLN, Pupuk Kaltim, Indosat, Bank BTN, Bank BNI 46, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank Niaga, Alfamart, Dirjen Pajak, Bulog dan berbagai organisasi pemerintah lainnya.

Dia merancang sebuah pelatihan dengan metodologi "heart and senses learning". Materi pelatihan dipersiapkan untuk konsumsi kedua belahan otak (belahan otak kiri dan belahan otak kanan), panca indera (khususnya mata dan telinga) serta Qolbu sekaligus.

Arman percaya bahwa amat sangat penting mengasah kecerdasan Qolbu dan melakukan terapi pada Qolbu di samping menambah pemahaman intelektual atas hukum dan peraturan Tuhan Sang Pencipta dalam menjalani kehidupan sosial di dunia agar tercipta masyarakat yang jujur, bersih dan saling menghargai.

Mamad Samadi

Setelah menyelesaikan kuliahnya, Mamad merintis karier awalnya di bidang finansial. Dia kemudian bekerja di Pertamina pada tahun 1990 dan pensiun pada tahun 2011. Mamad meraih gelar master ganda, yaitu Magister Management dari Universitas Padjadjaran dan dari Kentucky University, USA, pada tahun 1998. Jabatan terakhirnya adalah Senior Vice President of Human Resources. Di usia 60 tahun, dia menyelesaikan Certified Financial Planning.

Mamad telah mengikuti berbagai pelatihan dan seminar baik di Indonesia maupun di luar negeri (Singapore, Melbourne, London, Jeddah, Tokyo dan Manila) dalam berbagai bidang: Accounting, TNA, Time Management, Audit, Cost and Benefit of HR, The Changing Nature of HR, Leadership Development Program, Performance Management, ARTDO, C & B, Safety Management dan Effective Business Skills.

Mamad adalah seorang yang aktif berkontribusi. Dia menjadi Komisaris pada beberapa anak perusahaan PT Pertamina. Selain itu, dia banyak berperan sebagai fasilitator, trainer dan pembicara dalam berbagai program pelatihan in house di Pertamina, antara lain di bidang Communication, Listening, Personal Effectiveness, Mindset Management, C & B, Team Building, Leadership, Performance Management, Problem Solving and Decision Making. Dia juga menjadi pengajar (non-permanen) pada dua Sekolah Menengah Atas, khususnya di bidang Keuangan, Pajak, Audit, Sumberdaya Manusia dan Bisnis.

Bersama timnya dia menulis national best seller Pensiun, VRP atau PHK? No! Inovasi Karier Kedua Anda terbitan Elex Media Computindo. Dia memberikan seluruh royalti bukunya untuk uang sekolah anak-anak tidak mampu.

Mamad melakukan persiapan dan perencanaan yang saksama untuk menjalani masa pensiunnya.Kesiapannya memang membuahkan hasil yang luar biasa. Sekarang Mamad mengelola kos sebanyak 91 pintu di daerah Jakarta, Bekasi dan Bandung.

Dengan ketrampilannya sebagai fasilitator, kepribadian yang ramah dan menyenangkan, Mamad sering diminta berbagi pengalaman menjadi pengelola kos yang sukses. Beberapa kliennya: Chevron, Pertamina (Persero), ConocoPhillips, Kaltim Prima Coal, Alfamart, HM Sampoerna, PTPN III, Pelindo 3, Semen Padang, PemProv DKI, Kemendiknas.

Bagi dia masa pensiun adalah karier kedua dalam hidup kita dan merupakan kesempatan besar untuk menjelajahi keterampilan kita dalam berbisnis untuk menambah nilai bagi orang lain.